Tak peduli sekecil dan sesederhana apapun, rumah tetaplah istana bagi penghuninya. Tempat berlindung saat malam, tempat saling berbagi cerita dan cinta, tempat menikmati masa kini dan membangun kehidupan yang akan datang.

Namun sayang tak semua keluarga dapat memiliki rumah pribadinya sendiri. Banyak alasan yang mendasari. Salah satunya adalah mereka tak memiliki cukup dana untuk membeli rumah. Apalagi harga rumah setiap tahun semakin bertambah tinggi, dan pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan gaji.

Oleh karenanya, jika kamu sudah memiliki cukup uang untuk membeli rumah, maupun sekedar membayar uang muka, jangan tunda-tunda lagi untuk mengambil kredit rumah. Agar tak tertipu, dalam artikel kali ini, kami ingin berbagi bagaimana tips memilih dan membeli rumah pertama kamu. Siap mendengarkan?

1. Sadarlah bahwa harga rumah tiap tahunnya naik. Jangan menunggu hingga kamu bisa membeli rumah mewah; berinvestasilah lebih dulu dengan tipe yang paling sederhana.

Jangan terlalu bernafsu untuk membeli rumah mewah berharga mahal terlebih dulu, karena realistisnya, kamu dan pasangan bisa jadi belum mampu. Jika kamu memaksakan untuk menabung dan terus menabung demi dapat membeli rumah berharga mahal, maka uangmu tak akan pernah terkumpul. Kamu harus ingat bahwa harga rumah tiap tahun – bahkan tiap bulan — terus meningkat. Gunakanlah rumah sederhana pertamamu untuk menjadi batu loncatan ke rumah berikutnya yang lebih besar, karena seberapa kecilpun rumahmu, pasti akan ada kenaikan harga setiap tahunnya.

2. Agar bisa mendapatkan harga terbaik, jangan ragu membeli rumah di daerah pinggir kota. Jika memungkinkan ambil juga rumahmu di waktu awal launching.

Tak ada salahnya membeli rumah di daerah pinggiran dengan harga yang terjangkau, daripada memaksakan membeli apartemen mewah di tengah kota. Ingat poin pertama: yang penting punya rumah dulu. Masalah ketika kamu ingin pindah ke tengah kota maupun upgrade ke rumah yang lebih besar bisa dipikirkan lagi jika kemampuan keuangan sudah mendukung.

Membeli rumah ketika pertama kali launching juga akan menguntungkanmu karena harganya lebih miring dibandingkan nanti. Rajin-rajinlah ikut mengunjungi pameran properti, membaca majalah properti, atau mencari tahu lewat internet. Atau jika memungkinkan, pesanlah rumah dengan cara inden.

5. Apabila kamu memang memiliki uang untuk membeli rumah secara tunai, gunakan kesempatan itu, karena biasanya kamu akan dapat potongan harga dari pengembang.

Membeli rumah dengan cara tunai akan memberimu banyak keuntungan. Selain kamu bisa mendapatkan potongan harga, kamu juga akan terhindar dari bunga KPR serta segala tambahan biaya yang jika dihitung-hitung jumlahnya tak sedikit. Namun sebelum memutuskan untuk membeli secara tunai, pastikan kebutuhan pokokmu tercukupi terlebih dahulu ya, artinya jangan menjual ini itu dan pinjam sana-sini demi bisa membeli rumah secara tunai.

Hindari Emosi Saat Memilih

Selalu tanamkan bahwa kamu sedang memilih rumah, bukan mengencaninya. Jadi jangan terpikat hal-hal emosional seperti halaman belakang yang bagus, cat yang menarik, dan hal lain yang sifatnya personal. Bagaimana pun rumah adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang, nilainya ditentukan dari lokasi, struktur, dan hal lain yang bisa membuat nilai rumah semakin naik.

Perhatikan Spesifikasi Material

Banyak orang cenderung cuek terhadap jenis material yang digunakan untuk membangun rumahnya. Padahal, hal ini sangatlah krusial. Misalnya, rumah yang berdinding batu bata tentu lebih kokoh daripada yang hanya menggunakan batako. Lantai yang diberi pelat beton lebih awet daripada lantai yang hanya disemen dan dikeramik biasa. Rangka atap baja ringan lebih baik daripada kuda-kuda kayu. Dan lain sebagainya. Jadi ingatlah untuk menanyakan bahan yang digunakan untuk membangun bangunannya sebelum membeli rumah itu!

Faktor Kesehatan Rumah

Sebagai tempat tinggal, tentu rumah harus berada dalam kondisi yang dapat mendukung kesehatan kamu. Perhatikan sistem drainase dan pengolahan limbahnya sebelum membeli rumah, apakah semuanya lancar dan sistemnya bagus? Setiap kamar harus memiliki ventilasi dan jendela yang cukup agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk dengan baik. Lingkungan sekitar juga sebaiknya tidak kumuh dan selalu terjaga kebersihannya.

Nah, itulah beberapa tips membeli rumah bagi kamu yang baru saja mulai membangun rumah tangga dan sedang mencari hunian. Seperti kita ketahui, tentu selalu ada jalan untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman dan Riscon Realty menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan berbagai pilihan hunian yang cocok untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumahku adalah Istanaku

by Riscon Realty time to read: 3 min
0