Investasi merupakan penanaman modal atau uang pada perusahaan tertentu dalam rangka mendapatkan keuntungan. Berbagai jenis investasi yang biasa dilakukan oleh masyarakat, antara lain investasi deposito, emas, reksa dana, obligasi, valuta asing dan properti. Dari setiap jenis investasi tersebut memiliki keuntungan dan resiko yang berbeda-beda.

Investasi di sektor properti memang membutuhkan dana yang besar, meskipun demikian, banyak masyarakat yang masih tertarik untuk terjun ke investasi ini karena dianggap menguntungkan dan banyak dipilih karena untuk menjaga kestabilan keuangan yang tidak dapat terpengaruh oleh dampak inflasi.Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan Negara berkembang, pembangunan properti merupakan salah satu sektor yang sedang giat dilaksanakan.Tidak heran bila di beberapa wilayah di Indonesia atau khususnya di daerah Ibu Kota Jakarta dan wilayah penyanggah Jakarta seperti Bogor, Depok,Tangerang, Bekasi, sedang melakukan pembangunan properti dalam bentuk rumah.

Mengapa Berinvestasi Properti!!

    Properti masih menjadi instrumen investasi unggulan yang paling diminati oleh para investor. Hal ini tidaklah mengherankan, karena setiap orang butuh rumah tinggal. Dengan melihat jumlah penduduk di Indonesia yang akan terus bertambah, peluang properti sebagai instrumen investasi pun tentu terbuka lebar. Dalam 10 tahun terakhir, harga properti seperti rumah tapak di lokasi strategis di kota-kota besar telah naik di atas 100 persen. Walaupun industri properti dihantam masa suram pada tahun 2008, harga rumah yang dibeli sebelumnya dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tetap lebih tinggi dibandingkan nilai utang yang dipinjam. Manfaat yang dapat Anda terima dengan berinvestasi properti antara lain:

 

  1. Memiliki Keuntungan yang Selalu Meningkat Tiap Tahun

Berbeda dengan investasi saham yang harus dipantau sepanjang hari untuk melihat kenaikan harga saham yang dibeli, harga properti cenderung naik secara konsisten. Hal itu disebabkan tingkat kebutuhan akan hunian yang terus meningkat dari waktu ke waktu meski tidak dalam jangka waktu pendek. Hal ini jelas akan menguntungkan Anda di masa mendatang, misalnya pada saat memasuki masa pensiun. Selain itu, dalam waktu pendek, investasi properti pun menghasilkan keuntungan lain dalam bentuk uang sewa, sehingga keuntungan yang didapat dari investasi ini terbilang cukup besar.

  1. Rendah Risiko

Investasi properti tidak memiliki resiko sebesar investasi dalam bentuk saham. Hal ini karena pergerakan nilai properti tidak sekencangdan sesensitifsaham. Apabila saham akan terus berpatokan dengan kondisi pasar dan mengalami nilai yang naik turun, sedangkan properti pergerakannya tetap stabil. Dengan begitu, investasi ini cocok bagi investor yang tidak ingin mendapatkan resiko yang terlalu tinggi.

  1. Capital Grain dan Capital Flow

Ketika berinvestasi properti, investor akan mendapat dua keuntungan yaitu keuntungan kenaikan modal (capital gain) dan keuntungan dari arus kas (cash flow). Keuntungan kenaikan modal (capital gain) didapat jika investor menjual properti tersebut atau melakukan penilaian ulang atas properti. Keuntungan arus kas (cash flow) didapat dari pemasukan tahunan kontrak rumah atau pendapatan lainnya yang berasal dari properti tersebut.

Perhatikan pemilihan properti yang ingin diiinventasikan, seperti dari pemilihan lokasi yang aman, wilayah yang akan berkembang, bebas dari banjir atau rawan bencana lainnya. Jika tidak memperhatikan hal tersebut, properti akan memiliki nilai investasi yang rendah karena tidak layak dijadikan tempat tinggal. Semakin strategis sebuah lokasi, semakin besar nilai properti.

Salah satu jenis investasi yang paling popular dan diminati oleh pembeli atau investor adalah rumah tapak atau yang biasa disebut Landed House. Hingga kini, rata-rata permintaan rumah tapak mencapai 900.000 unit per tahun, sementara persediannya hanya sekitar 80.000 per tahun.Jenis investasi Landed Housememang sangat cocok untuk alokasi dana jangka panjangdan mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan untuk Anda. Dengan begitu, dengan investasi properti dapat menolong keuangan di masa mendatang. Bukan hanya itu saja, investasi properti juga bisa dipakai sendiri seperti rumah tinggal.

Nah, sudah tahu kan alasannya kenapa investasi properti itu menguntungkan di zaman sekarang?Yuk, investasi properti sekarang juga, jangan sampai ditunda, karena investasi properti menjanjikan keuntungan yang besar untuk Anda.  Sekarang tinggal pilih, mau investasi properti di daerah mana? Green Baraka Town House di Jakarta Timur bisa jadi pilihan yang tepat lho! Hunian 2 lantai yang menawarkan kepraktisan apartment dengan benefit dari rumah landed. Berlokasi strategis hanya 10 menit dari tol JORR Bambu Apus, 10 menit dari stasiun LRT Ciracas, dikelilingi banyak failitas pendidikan dan dekat dengan tempat rekreasi TMII. Lingkungan yang tenang, aman dengan one gate system membuat para penghuni Green Baraka Town House Bambu Apus membuat pilihan investasi properti yang tepat untuk keluarga muda yang dinamis dan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pentingnya Investasi Properti Zaman Sekarang

by Riscon Realty time to read: 3 min
0