Beli Rumah Tanpa DP, Benar Gak Sih?

 

Ketahui Langkah-langkah Yang Tidak Banyak Orang Tahu Untuk Mendapatkan Rumah Dengan DP 0%.

 

Punya rumah sendiri pasti jadi impian setiap orang. Betul bukan? Tapi kenyataannya tidak semudah itu, menyiapkan uang muka saja sudah susah. Mungkin kamu juga pernah memulai menabung untuk bayar Down Payment (DP) rumah. Ketika tahun berikutnya mau membayar uang DP, uang tabungan kamu sudah gak cukup lagi karena harga rumah incaranmu sudah naik.

Lalu saat ini sedang ramai orang-orang membahas ada rumah dengan DP 0%, benar gak sih? Bagaimana caranya punya rumah tanpa DP? Simak artikel berikut supaya kamu gak ketipu dengan janji-janji manis belaka!

Kebijakan Baru Bank Indonesia

Mulai 1 Agustus 2018, BI merevisi kebijakannya dengan memberikan kelonggaran fasilitas kredit atau pembiayaan properti yang memungkinkan kamu memiliki rumah pertama melalui KPR tanpa uang muka alias DP 0%. Dengan adanya kebijakan baru ini, tentunya akan menjadi angin segar untuk kamu yang selama ini terkendala untuk membayar uang muka yang besar.

Jika kamu berminat mencari rumah tanpa DP, berikut ini adalah 3 cara agar kamu bisa mendapatkannya.

  1. Memanfaatkan KPR Tanpa DP

Jika sebelumnya BI yang mengatur DP harus 10% dari harga rumah, kini kebijakan baru mengizinkan Bank untuk menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pertama tanpa uang muka. Kamu bisa memanfaatkan KPR dengan pembiayaan yang terjangkau dan bebas DP yang berlaku untuk kredit properti pertamamu.

Dengan kebijakan itu, tentu akan jadi kesempatan buat kamu untuk bisa punya rumah walaupun tabungan pas-pasan.

  1. Mempertimbangkan Untung dan Rugi DP 0%

Keuntungan dengan adanya DP 0%, kamu tidak perlu memikirkan uang muka dan bisa fokus untuk mengumpulkan uang cicilan rumah sesuai dengan tenor yang disepakati.

Pertimbangkan juga sisi kerugian yang bisa ditimbulkan dari membeli rumah tanpa DP. Waspadai risiko kenaikan bunga KPR. Kebanyakan bank menetapkan bunga tetap KPR di tahun pertama saja, kemudian akan naik di tahun kedua dan tahun berikutnya.

Naiknya bunga KPR memang mustahil dihindari. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah pilih bank dengan suku bunga tetap atau Fixed Rate dengan periode terlama atau menanyakan informasi dengan jelas berapa prediksi kenaikan bunga bank agar kamu bisa mempersiapkan diri.

 

  1. Pahami Syarat Pengajuan KPR

Tertarik untuk mengajukan KPR tanpa DP? Pahami dulu syarat dan ketentuannya. Saat ini di Indonesia mengenal dua jenis KPR yaitu

  1. KPR Bersubsisi merupakan kredit diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi mereka yang belum memiliki rumah.
  2. KPR Non-Subsidi merupakan kredit yang diperuntukkan seluruh masyarakat dan besarnya penentuan kredit dan suku bunga ditetapkan oleh bank.

Ada beberapa persyaratan untuk mengajukan KPR, antara lain:

  • WNI dan berdomisili di Indonesia.
  • Telah berusia 21 atau sudah menikah sampai 45 tahun.
  • Telah memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/professional dengan masa kerja minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun(wiraswasta/profesional).
  • Memiliki NPWP Pribadi.

Selain syarat KPR BTN, calon nasabah juga harus mempersiapkan dokumen yang dilampirkan saat pengajuan, diantaranya:

  • Fotokopi KTP, KK, Surat Nikah/Cerai
  • Pas foto terbaru pemohon dan pasangan
  • Fotokopi slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap
  • Fotokopi tabungan min: 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP

Setiap pengajuan KPR akan dikenakan biaya-biaya tambahan yang jika ditotal keseluharan bisa terbilang tidak murah, seperti:

  1. Biaya pajak,
  2. Biaya PPh,
  3. BIaya BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan),
  4. Biaya PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah),
  5. Biaya appraisal atau biaya survei aset properti,
  6. Biaya AJB (Akta Jual Beli),
  7. Biaya Balik Nama (BBN),
  8. Biaya untuk notaris terkait untuk pengurusan berbagai macam akta dan sertifikat properti,
  9. Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak),
  10. Biaya asuransi kebakaran, dan
  11. Biaya premi asuransi jiwa selama masa kredit.

Nah, sebenarnya ada developer pengembang perumahan yang bisa memberikan kamu keringanan biaya-biaya itu yang bekerjasama dengan Bank. Ada juga masa-masa promosi di mana biaya-biaya tersebut jadi gratis. Maka dari itu, saat ada masa promo jangan tunda untuk segera mem-booking­ rumah idaman kamu.

 

Waspadai janji-janji developer yang menawarkan beli rumah tanpa DP tetapi kenyataannya masih banyak biaya-biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Jadi, untuk mendapatkan rumah tanpa DP itu mungkin saja dan mudah, asalkan tahu langkah-langkahnya dan pintar memilih developer yang memiliki reputasi baik dan yang sedang menawarkan promo-promo menarik.

 

Seperti developer dari Riscon Group, di perumahan Bukit Hijau Ciomas, Bogor, yang memberikan promo beli rumah tanpa DP. Kamu hanya cukup membayar booking fee 2 juta rupiah dan bebas dari biaya-biaya tambahan lainnya. Mau untung? Beli rumah tanpa DP di Riscon Group aja.

Apakah kamu tertarik untuk membeli rumah tanpa DP di Bukit Hijau Ciomas? Sangat disayangakan kalau kamu melewatkan promo ini begitu saja. Bayangkan, semakin Anda menunda untuk membeli rumah, semakin jauh jarak antara kantor dan rumahmu.

Untuk info lebih lanjut mengenai perumahan Bukit Hijau Ciomas, Bogor, kunjungi alamat website di www.bukithijauciomas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *